Publicado el

Materi Pkn Kelas Xii Semester 2 Bab Pers 12

ERROR_GETTING_IMAGES-1


Materi PKN Kelas 12 Semester 2 Bab Pers: Pengertian, Fungsi, dan Peran Pers dalam Masyarakat Demokratis

Pers adalah salah satu lembaga sosial yang berperan penting dalam kehidupan masyarakat demokratis. Pers memiliki fungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Pers juga memiliki peran sebagai mitra kerja, sahabat, atau lawan bagi pemerintah dan masyarakat. Pers harus menjalankan tugasnya dengan bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Dalam materi PKN kelas 12 semester 2 bab pers, kita akan mempelajari pengertian, fungsi, dan peran pers dalam masyarakat demokratis di Indonesia. Kita juga akan mengetahui sejarah, etos, dan kode etik jurnalistik yang harus dipegang oleh pers. Kita akan belajar bagaimana pers dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di era kemajuan iptek.

Materi PKN kelas 12 semester 2 bab pers ini diambil dari buku siswa kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018 yang merupakan buku revisi terbaru yang digunakan saat ini. Materi ini juga disesuaikan dengan Undang-Undang No. 40/1999 tentang Pers yang mengatur hak dan kewajiban pers di Indonesia.

Pengertian Pers

Pers adalah istilah yang berasal dari bahasa Latin pressare yang berarti tekan atau cetak. Secara etimologis, pers berarti media massa cetak seperti surat kabar atau majalah. Namun, secara terminologis, pers berarti media massa cetak maupun elektronik seperti radio, televisi, atau internet.

Pers adalah lembaga sosial yang berdiri sendiri dan hidup di tengah-tengah masyarakat dan negara. Pers bukan bagian dari masyarakat maupun pemerintah, tetapi memiliki hubungan yang saling mempengaruhi dengan keduanya. Pers dapat berperan sebagai sahabat, mitra kerja, atau lawan bagi pemerintah dan masyarakat tergantung pada kehendak yang mengelolanya.

Pers juga merupakan lembaga ekonomi yang menghasilkan produk berupa informasi. Pers harus mengelola informasi dengan baik agar dapat memberikan manfaat bagi pembaca atau pemirsa. Pers juga harus memperhatikan aspek-aspek lain seperti desain grafis, fotografi, tipografi, atau animasi untuk membuat produknya lebih menarik dan berkualitas.

Peran Pers

Pers memiliki beberapa peran yang strategis bagi masyarakat demokratis di Indonesia. Menurut Undang-Undang No. 40/1999 tentang Pers, peran pers nasional adalah sebagai berikut:

  • Mitra kerja: Pers bekerja sama dengan pemerintah dan masyarakat dalam rangka mewujudkan tujuan nasional. Pers dapat memberikan masukan, saran, atau kritik yang konstruktif bagi pemerintah dan masyarakat dalam menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi bangsa dan negara.
  • Sahabat: Pers bersikap simpatik, empatik, dan solidaritas terhadap pemerintah dan masyarakat dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman. Pers dapat memberikan dukungan, motivasi, atau inspirasi bagi pemerintah dan masyarakat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
  • Lawan: Pers bersikap kritis, independen, dan objektif terhadap pemerintah dan masyarakat dalam mengungkap berbagai penyimpangan, pelanggaran, atau kejahatan yang merugikan kepentingan umum. Pers dapat memberikan teguran, protes, atau tuntutan bagi pemerintah dan masyarakat dalam menegakkan keadilan dan kebenaran.

Pers harus menjalankan perannya dengan seimbang dan proporsional sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi. Pers tidak boleh berpihak pada kepentingan tertentu yang bertentangan dengan kepentingan nasional.

Kode Etik Jurnalistik

Kode etik jurnalistik adalah kumpulan norma-norma yang mengatur perilaku jurnalis dalam menjalankan profesinya. Kode etik jurnalistik bertujuan untuk menjaga kualitas, integritas, dan kredibilitas pers sebagai lembaga sosial yang bebas dan bertanggung jawab. Kode etik jurnalistik juga bertujuan untuk melindungi hak-hak jurnalis dari berbagai bentuk intimidasi, tekanan, atau ancaman.

Kode etik jurnalistik di Indonesia disusun oleh Dewan Pers sebagai lembaga mandiri yang mengatur urusan pers di Indonesia. Kode etik jurnalistik di Indonesia terdiri dari 10 pasal yang mencakup berbagai aspek seperti kebenaran, keseimbangan, keadilan, independensi, rahasia sumber berita, hak jawab, larangan plagiat, larangan sensasionalisme, larangan diskriminasi, dan larangan mencampuradukkan iklan dengan redaksi.

Jurnalis harus mematuhi kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugasnya. Jika jurnalis melanggar kode etik jurnalistik, maka jurnalis dapat dikenakan sanksi oleh Dewan Pers atau lembaga lain yang berwenang. Sanksi yang dapat diberikan antara lain teguran lisan atau tertulis, permintaan maaf publik, pembetulan atau pembenaran berita, pencabutan berita atau siaran, hingga pencabutan izin usaha pers.

Pers yang Bebas dan Bertanggung Jawab

Pers yang bebas dan bertanggung jawab adalah pers yang dapat menjalankan fungsi dan perannya tanpa adanya campur tangan atau pengaruh dari pihak-pihak lain yang dapat mengancam kebebasan dan kemandirian pers. Pers yang bebas dan bertanggung jawab juga harus menjaga profesionalisme, etika, dan moral dalam melaksanakan tugasnya. Pers yang bebas dan bertanggung jawab harus menghormati hak-hak masyarakat sebagai konsumen informasi.

Pers yang bebas dan bertanggung jawab dijamin oleh Undang-Undang No. 40/1999 tentang Pers yang mengatur hak dan kewajiban pers di Indonesia. Hak-hak pers antara lain adalah hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi; hak mendapatkan perlindungan hukum; hak mendapatkan akses informasi; hak mendapatkan perlindungan sumber berita; hak mendapatkan perlindungan dari tekanan atau ancaman; hak mendapatkan fasilitas publik; dan hak membentuk organisasi profesi.

Kewajiban pers antara lain adalah kewajiban menghormati agama, norma-norma hukum, kepentingan umum, dan hak asasi manusia; kewajiban memenuhi hak jawab; kewajiban mematuhi kode etik jurnalistik; kewajiban memperbaiki atau mencabut berita atau siaran yang salah atau tidak benar; kewajiban menyediakan ruang bagi opini publik; kewajiban menyediakan ruang bagi iklan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan; dan kewajiban membayar pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Pers dalam Masyarakat Demokratis di Indonesia

Pers memiliki peranan yang sangat penting dalam masyarakat demokratis di Indonesia. Pers dapat membantu masyarakat dalam menyalurkan aspirasi, partisipasi, dan kontrol sosial terhadap pemerintah. Pers juga dapat membantu pemerintah dalam menyampaikan kebijakan, program, dan prestasi kepada masyarakat. Pers juga dapat membantu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah keragaman dan kemajuan iptek.

Pers dalam masyarakat demokratis di Indonesia harus mengedepankan prinsip-prinsip demokrasi seperti kebebasan berpendapat, keadilan sosial, hak asasi manusia, supremasi hukum, kedaulatan rakyat, dan negara kesatuan republik Indonesia. Pers juga harus menghormati nilai-nilai dasar bangsa Indonesia seperti Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, serta semboyan Bhineka Tunggal Ika.

Pers dalam masyarakat demokratis di Indonesia harus bersikap profesional, independen, objektif, kritis, kreatif, inovatif, dan edukatif dalam menyajikan informasi kepada masyarakat. Pers juga harus bersikap selektif, adaptif, responsif, dan progresif dalam menghadapi berbagai pengaruh kemajuan iptek. Pers juga harus bersikap kooperatif, kolaboratif, harmonis, dan sinergis dalam berinteraksi dengan pemerintah dan masyarakat.

Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap Pers

Kemajuan iptek telah memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangan pers di Indonesia. Kemajuan iptek telah membawa perubahan dalam berbagai aspek seperti produksi, distribusi, konsumsi, dan regulasi pers. Kemajuan iptek juga telah membawa dampak positif dan negatif bagi pers dan masyarakat.

Dampak positif kemajuan iptek terhadap pers antara lain adalah:

  • Memperluas jangkauan dan akses informasi: Kemajuan iptek telah memungkinkan pers untuk menjangkau dan dijangkau oleh masyarakat yang lebih luas dan beragam melalui berbagai media cetak maupun elektronik seperti radio, televisi, internet, atau media sosial. Masyarakat juga dapat mengakses informasi yang disampaikan oleh pers dengan lebih mudah, cepat, dan murah melalui berbagai perangkat seperti komputer, laptop, tablet, atau smartphone.
  • Memperkaya ragam dan kualitas informasi: Kemajuan iptek telah memungkinkan pers untuk menyajikan informasi yang lebih beragam dan berkualitas melalui berbagai format seperti teks, gambar, suara, video, atau animasi. Pers juga dapat memanfaatkan berbagai sumber informasi yang lebih banyak dan bervariasi melalui berbagai media online seperti situs web, blog, podcast, atau vlog.
  • Memperkuat partisipasi dan interaksi masyarakat: Kemajuan iptek telah memungkinkan pers untuk melibatkan dan berinteraksi dengan masyarakat dengan lebih intensif dan dinamis melalui berbagai fitur seperti komentar, polling, forum, chat, atau media sosial. Masyarakat juga dapat berpartisipasi dalam proses produksi informasi dengan menjadi sumber berita, kontributor, atau kreator konten.

Dampak negatif kemajuan iptek terhadap pers antara lain adalah:

  • Menimbulkan masalah etika dan hukum: Kemajuan iptek telah menimbulkan masalah etika dan hukum yang berkaitan dengan kebebasan dan tanggung jawab pers dalam menyampaikan informasi. Beberapa masalah yang sering muncul antara lain adalah hoax, fitnah, pencemaran nama baik, ujaran kebencian, pornografi, radikalisme, terorisme, pelanggaran hak cipta, atau pelanggaran privasi.
  • Menimbulkan masalah kesehatan dan lingkungan: Kemajuan iptek telah menimbulkan masalah kesehatan dan lingkungan yang berkaitan dengan dampak penggunaan perangkat teknologi dalam aktivitas pers. Beberapa masalah yang sering muncul antara lain adalah gangguan mata, leher, tangan, atau telinga akibat paparan layar atau suara; stres, kecemasan, depresi, atau kecanduan akibat paparan informasi; atau pencemaran udara, air, atau tanah akibat limbah teknologi.
  • Menimbulkan kesenjangan dan konflik sosial: Kemajuan iptek telah menimbulkan kesenjangan dan konflik sosial yang berkaitan dengan akses dan pemanfaatan informasi oleh masyarakat. Beberapa masalah yang sering muncul antara lain adalah digital divide atau kesenjangan digital antara kelompok masyarakat yang memiliki akses dan kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dengan yang tidak; cyberbullying atau perundungan online yang dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain melalui media online; atau cyberwarfare atau perang siber yang dilakukan oleh negara atau kelompok terhadap negara atau kelompok lain melalui serangan teknologi informasi.

Kesimpulan

Pers adalah lembaga sosial yang memiliki fungsi, peran, dan pengaruh yang besar bagi masyarakat demokratis di Indonesia. Pers harus menjalankan tugasnya dengan bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan kode etik jurnalistik dan perundang-undangan yang berlaku. Pers juga harus menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang ditimbulkan oleh kemajuan iptek dengan sikap profesional, etis, dan kreatif. Pers juga harus berkontribusi dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di tengah-tengah keragaman dan dinamika masyarakat.

https://github.com/3tucastinji/Machine-Learning-with-Python/blob/master/Datasets/Adobe%20Photoshop%20CC%202018%20V19.0.0.24821%20Patch%20Utorrentl%20Tips%20and%20Tricks%20to%20Master%20Photoshop%20in%20No%20Time.md
https://github.com/1caucofXpetsu/js-stellar-sdk/blob/master/config/Cna-windows-k9-installer-5-6-3-en.exe%201%20Cisco%20Network%20Assistant%20for%20Windows%20Features%20and%20Benefits.md
https://github.com/8puncnutAfalji/azureml-examples/blob/main/best-practices/Netzwerk%20A1%20Arbeitsbuch%20Pdf%20168%20Why%20This%20Book%20is%20a%20Must-Have%20for%20German%20Learners.md
https://github.com/9seliXelko/ROR-Capstone-Her_Style/blob/development/app/Crane%20Simulator%202009%20Pc%20Free%20Download%20Full%20Version%2031%20The%20Ultimate%20Guide%20to%20the%20Game.md
https://github.com/8caecamXepgo/dtale/blob/master/docs/Twinmotion%202016%20Crack%20The%2019.md
https://github.com/ladelakbe/mvc-ecommerce/blob/main/static/js/HD%20Online%20Player%20(lage%20raho%20gujjubhai%20720p%20or%201080p)%20Experience%20the%20Ultimate%20Gujarati%20Humor%20with%20Lage%20Raho%20Gujjubhai.md
https://github.com/9meciKconcbe/aigc/blob/master/src/misc/LEGO%20MINDSTORMS%20Education%20NXT%20Software%20V.2.1.6%20Features%20and%20Benefits%20of%20the%20Latest%20Version.md
https://github.com/probintastba/MobileSAM/blob/master/scripts/FantasticBeastsandWheretoFindThemEnglishfilminhindidubbeddownload%20How%20to%20Get%20the%20Best%20Quality%20and%20Subtitles.md
https://github.com/1nissiYenpo/jc/blob/master/jc/FRM%20Part%202%20Schweser%20PDF%20Download%20Learn%20from%20the%20Experts%20at%20Kaplan%20Schweser.md
https://github.com/3tucastinji/Machine-Learning-with-Python/blob/master/Datasets/Adobe%20Livecycle%20Designer%20Es4%20Trial%20Serial%2075k.md

86646a7979